Kamis, 13 Desember 2018

Mengapa Jakarta Jadi Kota Intoleran

Kota Intoleran di Indonesia masih memasukan Jakarta sebagai 3 besar kota paling intoleran di Indonesia. Sehingga dengan ini menjadi tingkat toleransi penduduk jakarta tergolong cukup rendah jika dibandingkan dengan Kota lainnya di Indonesia, emskipun Peringkat Jakarta membaik jika dibandingkan dengan peringkat kota intoleran pada tahun 2017 yang lalu. Peringkat kota intoleran 2018 ini berdasarkan riset dari Setara Institute.
Kota Intoleran
Kota Intoleran

Indeks Kota toleran atau IKT dinilai melalui 4 indikator yakni yang pertama adalah regulasi yang bersifat kondusif bagi praktik dan juga promosi toleransi. Yang kedua adalah pernyataan dan juga tindakan dari aparatur pemerintah yang bersifat kondusif. Berikutnya yang ketiga adalah tingkat pelanggaran atas kebebasan beragama. Dan yang keempat adalah tata kelola pada ranah kebragaman keagamaan.

Jika dilihat secara umum, DKI Jakarta emndapatkan skor sebesar 2,88 yang artinya skor tersebut mencerminkan peringkat toleransi Jakarta yang cukup rendah. Jika dilihat lebih dalam, maka Jakarta mendapatkan nilai terendah pada suatu tindakan pemerintah dan juga regulasi sosialnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar