Sabtu, 24 November 2018

Dana Investasi Untuk Ekonomi 2019

Indonesia membutuhkan lebih banyak Dana Investasi swasta unutk mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun depan. Indonesia menargetkan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,3% pada tahun 2019.
Dana Investasi
Dana Investasi

Dengan adanya proyeksi tersebut, Memaksa Indonesia untuk membutuhkan lebih banyak lagi dana investasi untuk memacu pertumbuhan ekonomi dengan proyeksi investasi sebesar 5.600 triuliun rupiah. Pererintah Indonesia berharap, Dalam skala mayoritas dana investasi tersebut bisa diperoleh dari sektor swasta. Arif Baharudin, Staf Ahli Bidang Kebijakan dan Regulasi Jasa Keuangan dan Pasar Modal Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa sebanyak 80% kebutuhan akan investasi nantinya akan bersumber dari investasi yang dilakukan oleh sektor swasta.

Sedangkan sisanya akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan BUMN (badan Usaha Milik Negara) yang masing - masing akan berkontribusi sebesar nilai 8% dan juga 11%. Dalam arti lain, Pemerintah Indonesia akan memberikan investasi untuk memacu tumbuhnya perekonomian sebesar 450 triluin rupiah, Badan usaha Milik Negara akan mengumpulkan invetasi sebesar 600 triliun rupiah, dan sisanya sebesar 4500 triliun rupiah atau sebesar 80% akan dipenuhi oleh pihak swasta. Untuk mendukung sektor swasta dapat berinvestasi, Pemerintah akan berupaya melalui penawaran saham, penjualan obligasi, dan cara lainnya yang diminati oleh investor swasta baik dari dalam Negeri maupun dari luar negeri atau dana asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar